Pengembangan Rpp Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017 dalam Pembelajaran

https://3.bp.blogspot.com/--fMD1WfIZnY/XM2Wz0xxufI/AAAAAAAAECI/gghSN5x69a0eOURxzm-qxoHDCX-yPYm8ACLcBGAs/s72-c/Rpp%2BSmk%2BKurikulum%2B2013%2BRevisi%2B2017.JPG click to zoom
Ditambahkan 20.43.00
Kategori Artikel
Harga @ Hai bapak ibu guru masih semangat membaca kan, sudah menyiapkan perangkat rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 ? harus dong ya biar ilmu kit...
Share
Hubungi Kami
BELI

Review Pengembangan Rpp Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017 dalam Pembelajaran

@ Hai bapak ibu guru masih semangat membaca kan, sudah menyiapkan perangkat rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 ? harus dong ya biar ilmu kita makin luas, dan membuat rpp merupakan tugas wajib. Kali ini saya akan membahas sedikit mengenai SMK serta kurikulum yang dipakai sistem pendidikan saat ini. berikut ulasannya versi observasi dari saya. Seperti yang kebanyakan orang tahu, SMK merupakan jalur pendidikan yang dipilih siswa untuk belajar sembari menggali potensi diri melalui jurusan-jurusan yang telah disediakan, agar nantinya bisa dijadikan modal bekerja setelah lulus tanpa perlu kuliah.


Namun, pada fakta di lapangan, banyak juga siswa siswi SMK yang memilih melanjutkan kuliah setelah lulus untuk lebih memantapkan lagi skill mereka dalam bidang/jurusan yang sebelumnya mereka tekuni. Dalam sistem pelajarannya sendiri, SMK memang lebih mengedepankan praktikum. Artinya, para siswa akan lebih banyak belajar melalui praktik lapangan dari pada teori-teori di dalam kelas semata. Hal ini dikarenakan tujuan utama SMK adalah untuk mencetak lulusan berkualitas yang siap bekerja ataupun mendirikan usaha/bisnis sendiri. Untuk kurikulum yang di pakai dalam dunia pendidikan saat ini ialah kurikulum 2013 revisi 2017. Yang mana terjadi beberapa pembaharuan dalam isinya. Sudah punya wacana termasuk penyusunan rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 ?

Adapun pembaharuan kurikulum tersebut membawa 4 poin penting yang benar-benar harus diperhatikan dalam praktik penysusnan rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017, yaitu :
1. Higher Order Thinking Skill
Biasa dikenal dengan istilah soal HOTS pada revisi kurikulum 2013 ini sangat menganjurkan diadakannya HOTS ini dalam kegiatan pembelajaran, utamanya ketika ujian. Tujuannya agar para siswa mampu dan mau berpikir kritis tetang suatu masalah. bukan hanya mengandalkan teori paten semata.
2. Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative
Biasa dikenal dengan istilah 4C. Bertujuan agar dunia pendidikan bisa mencetak generasi yang benar-benar cerdas berfikir dengan kemampuan 4C tersebut.
3. Literasi
Merupakan pengembangan serta upaya peningkatan budaya membaca masyarakat melalui siswa sekolah, agar Indonesia nantinya tidak tertinggal oleh negara lain.
4. PPK
Yaitu Penguatan Pendidikan Karakter. Terdiri dari karakter religious, gotong royong, integritas, mandiri serta nasionalis dengan tujuan mencetak siswa yang lebih berkarakter berdasarkan kelima karakter trsebut.

Oke bapak ibu guru, sampai di sini pembahasan dari saya, semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu. ( referensi : https://www.rppsmk.com  )